Ulasan1 - Fork() System Call

Pada kesempatan kali ini, saya mencoba untuk mengulas suatu video yang terdapat di Youtube mengenai fork() system call pada linux yang berjudul "Understanding fork() system call for new process creation" dengan url https://youtu.be/PwxTbksJ2fo . Video ini merupakan video keluaran Techtud yang berdurasi 15 menit 36 detik dengan jumlah viewers yang sudah mencapai angka 15029.

Menurut video tersebut, fork() adalah sebuah system call unix yang unik yang berfungsi untuk membuat proses baru, sedangkan system call sendiri adalah sebuah media untuk me-request sebuah service dari kernel. Ketika fork() ini digunakan di bahasa C, ia akan mengembalikan PID (atau biasa disebut Process ID) dari proses anak yang dibuat, bisa juga angka 0 maupun negatif. Jika yang dikembalikan adalah angka > 0, maka tandanya fork() sukses dijalankan dan system sedang berada di parent process, jika angka < 0, maka artinya fork() gagal membuat proses baru(bisa karena memory yang full), namun fork() bisa juga mengembalikan 0, yaitu saat proses baru berhasil dibuat dan system sedang berada di child process yang terbuat.

Pada fork(), berlaku sifat parallelization karena menggunakan proses konkurensi, yaitu dimana parent dan child bekerja secara serentak/bersamaan. Untuk menghitung seberapa banyak process yang dimiliki setelah pemanggilan suatu fork, rumusnya adalah dengan menggunakan 2^n, dimana n tersebut adalah banyaknya pemanggilan fork dilakukan.

Menurut pendapat saya, setelah menonton video tersebut, saya dapat lebih mengerti mengenai cara kerja fork itu sendiri, karena dilengkapi dengan penjelasan yang detail beserta contoh, dan juga penjelasan bahasa-bahasa yang sulit dimengerti orang awam.


GITHUB ACCOUNT: rifkiadrn
URL Ulasan : http://rifkiadrn12.blogspot.com/2017/05/ulasan1-fork-system-call.html
URL konten Youtube: https://youtu.be/PwxTbksJ2fo dengan durasi 15 menit 36 detik
Pemetaan koten : week06
Revisi Pertama: 18 mei 2017
Revisi Terakhir: 18 mei 2017


Comments

Popular posts from this blog

RANKING08 OS 2017

Ulasan 2 - Multiprocessing vs Multithreading